Mexican Bun Ala-Ala


Saya ini suka banget sama roti yang gerainya sering ada di stasiun kereta. Saat melewatinya bau harum kopi manis selalu menusuk hidung dan membuat saya ingin berbelok sejenak untuk mengeluarkan beberapa rupiah demi roti itu.


Toppingnya yang renyah saat masih hangat serta lembut rotinya membuat saya selalu ketagihan. Berbekal rasa diingatan, maka saya coba untuk membuatnya. Sayangnya dengan kemampuan amatir saya, ternyata saya kurang rapat dalam memberikan topping kopinya, sehingga bentuknya malah seperti obat nyamuk.

Resepnya saya mix dari beberapa sumber yang saya dapat.

Overnight Mexican Bun

- Adonan dasar roti (bisa untuk roti apa aja)
Source : Tintin Reyner
aku bikin kurang lebih 16 jam sebelumnya

Adonan Biang
150 gr Tepung Protein Tinggi
150 cc Air Hangat kuku dan 1/4 Ragi (aduk rata)

Aduk semua bahan menjadi 1 pakai sendok ,diamkan di suhu ruang selama 1 jam lalu masukkan adonan ke dalam kulkas (tutupi clingwrap atau serbet)

Adonan Utama
250 gr Tepung cakra
100 gr Tepung segitiga
8 gr Ragi
80 gr Gula pasir
1 butir tlur utuh + 1 kuning telur
40 cc Susu cair (tuang perlahan sesuai kebutuhan)
80 gt Butter
6 gr Garam

Cara membuat
1. Aduk rata tepung, ragi, gula pasir, lalu masukkan telor dan susu cair sedikit demi sedikit, disusul adonan biang
2. Mixer sampai kalis, masukkan butter + garam, lanjutkan sampai kalis
3. Diamkan sampai mengembang2x lipat
4. Kempiskan adonan, timbang sesuai kebutuhan
5. Diamkan sampai mengembang lagi , lalu beri topping
6. Panggang sekitar 15-20 menit
Home made mexican bun by Beta


Topping
Source : Ricke Kitchen
Made : Beta
- 100 gr unsalted butter
- 100 gr gula halus
- 1 butir telur
- 120 gr terigu protein rendah (me:protein sedang *males beli, seaddanya di dapur heee)
- 30 gr susu bubuk
- 2 sdt kopi instan larutkan dengan 2 sdm air
- 1 sdt pasta coffee mocca

FILING
- Salted Butter (me;blue band)


Komentar

Postingan Populer